MIUMI – Bekerjasama dengan INSISTS dan AQL Islamic Center, MIUMI selama sepekan 19-25 September 2013, akan menyelenggarakan seminar, sarasehan, dan kajian ilmu perekonomian syariah, dengan menghadirkan Almir Colan, Pakar Ekonomi Syariah asal Australia.

Panitia acara tersebut, Savitri Prabandari menjelaskan keuangan syariah akhir-akhir ini menjadi solusi dan tantangan tersendiri bagi kaum muslimin, di tengah gencarnya arus liberalisasi pemikiran dengan ideologi kapitalis, keuangan syariah muncul sebagai angin segar dalam babak baru untuk mencapai kemaslahatan ekonomi.

“Dengan dasar pemikiran seperti itulah acara ini kami gagas, agar bisa bermanfaat bagi umat Islam, khususnya di Jakarta,” papar Savitri.

Rangkaian kegiatan kajian ilmu ekonomi syariah ini:

  • Kamis, 19 September 2013 (Pkl. 14:00 – 16:00 WIB), di Al Islam pimpinan Ust. Farid Okbah, di Jln. Kampung Sawah No. 39A, Jati Warna/Jati Melati, Pondok Melati, Bekasi.
  • Jum’at, 20 September 2013 (Pkl. 08:00 – 18:00 WIB), seminar “Islamic Finance for Corporate”, di AQL Islamic Center, Jl. Tebet Utara I No. 40, Jakarta Selatan. Moderator Sekjend MIUMI dan Pimp. AQL Islamic Center Ust. Bachtiar Nasir.
  • Sabtu, 21 September 2013 (Pkl. 10:00-12:00 WIB), kajian “Islamic Finance” akan berlangsung pada pukul 10:00 – 12:00 WIB, di Kampus INSISTS, Jl. Kalibata Utara II No. 84, Jaksen.
  • Sabtu, 21 September 2013 (Pkl. 13:00 – 16:00 WIB), kajian “Pengenalan Keuangan Syariah bagi Remaja”,  di AQL Islamic Center, Jl. Tebet Utara I No. 40, Jaksel.
  • Ahad, 22 September 2013 (Pkl. 13:00 – 16:00 WIB) kajian “Penerapan Keuangan Syariah dalam Kehidupan Sehari-hari”, di AQL Islamic Center.
  • Senin, 23 September 2013 (Pkl. 19:30 – 22:00 WIB), kajian “Penerapan Peraturan Keuangan Syariah di Dunia Internasional”, di AQL Islamic Center bagi jammah Khalifa Club.
  • Selasa, 24 September 2013 (Pkl. 13:00 – 16:00 WIB), thalkshow “Investasi Syariah Membawa Berkah”, diadakan di Kampus STIE Tazkia, Jl. Ir. H. Juanda No. 78, Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Moderator Pimp. Tazkia Ust. Syafi’i Antonio.

Pemateri Almir Colan adalah salah satu dari top praktisi dan akademisi di bidang keuangan Syariah. Ia adalah pendiri Australian Centre For Islamic Finance (AusCif.com) yang juga aktif mengajarkan ilmu tentang Keuangan Syariah dan Kapital Market Islami di almamaternya, La Trobe University (Australia).

Colan juga dikenal sebagai konsultan bagi berbagai Institutsi yang menjalankan Keuangan dan Investasi Syariah. Ia merupakan Penasehat Dewan Komisaris untuk Jurusan Paska Sarjana (Master) di dalam Perbankan dan Keuangan Islam di Universitas La Trobe.

Colan juga tercatat sebagai anggota Penasehat untuk Group Sarjana dan D3 dari Akunting di NMIT. Sebagai Penasehat untuk Institusi Sekuritas & Penanaman modal Asia – Pasifik in area Sukuk dan Kapital Market Islami.

Colan meraih gelar MBA dari Universitas Deakin dan Master Keuangan dan Finansial Islam dari Universitas La Trobe (Menerima penghargaan bergengsi “Dean Commendation for Academic Excellence and Logie Smith Lanyon Lawyers Prize” Pada Master Perbankan dan Keuangan Islam.(AQLIslamicCenter/alfr)

Print Friendly, PDF & Email